Ads 768x90

Perbanyakan Tanaman Durian Secara Generatif

Perbanyakan Tanaman Durian Secara Generatif


Cara perbanyakan tanaman durian, perbanyakan tanaman durian dengan generatif, langkah pembibitan durian,
Perbanyakan tanaman durian dengan generatif maksudnya ialah melakukan  penanaman durian dengan biji. Apa bisa? Ya bisa dong. Kamu dapat memilih biji-biji yang tulen/murni dilakukan dengan mencuci biji-biji dahulu agar daging buah yang menempel terlepas. Biji yang dipilih dikeringkan pada tempat terbuka, tidak terkena sinar matahari langsung. Penyimpanan diusahakan agar tidak berkecambah/rusak dan merosot daya tumbuhnya. Proses pemasakan biji dilakukan dengan baik (dengan cara diistirahatkan beberapa saat), dalam kurun waktu 2-3 minggu sesudah diambil dari buahnya. Setelah itu biji ditanam. (Reza, T.M. 1997)

Berikut ini kita bahas langkah-langkah yang dilakukan pada pembibitan budidaya durian dengan menanam biji/ perbanyak secara generatif .


  1. Pilih biji durian dari buah yang matang di pohon dan bebas hama serta penyakit.
  2. Biji dibersihkan dari daging buah ataupun kotoran lainnya yang  menempel pada  biji dengan menggunakan air yang mengalir.
  3. Biji dikeringkan dengan cara mengangin-anginkannya di tempat teduh hingga kadar airnya berkurang.
  4. Dalam budidaya durian perlu siapkan polibag  dan media semai. Siapkan polibag dengan ukuran kira-kira 15 cm X 23 cm dan diberi lubang secukupnya di bagian samping dan bagian bawah.
  5. Isi polibag dengan media semai berupa campuran tanah subur, pupuk kandang yang sudah matang dengan perbandingan 1:1 atau 2:1, dengan sedikit sekam padi.
  6. Sebelum biji di tanam, polibag disiram air agar tidak terbentuk rongga didalamnya.
  7. Biji di tanam sedalam 2-4 cm dengan posisi mendatar atau bagian pangkalnya berada di bawah (Rifai,  M.A.  dan  Widjaja,  E.A.  1997)

Perlu untuk kamu ketahui bahwa biji durian memiliki tipe perkecambahan epigeal (Sari et al. 2012). Secara generatif akan menghasilkan perkecambahan proses pertumbuhan embrio dan komponenkomponen benih yang mempunyai kemampuan untuk tumbuh secara normal menjadi tanaman baru.  Oleh karena itu, sering dijadikan sebagai batang bawah untuk okulasi atau sambungan. Selain itu, tanaman hasil perbanyakan generatif juga digunakan untuk program penghijauan di lahan-lahan kritis yang lebih mementingkan konservasi lahan dibandingkan dengan produksi buahnya. 

Bahkan, kegiatan budidaya tanaman sayur dan beberapa jenis buah-buahan semusim seperti semangka dan melon tetap menggunakan bibit biji yang berasal dari perbanyakan secara generatif, tetapi bibit yang digunakan merupakan bibit-bibit unggul atau bibit biji varietas hibrida yang kualitas dan kuantitas buahnya tidak diragukan lagi.

Oke sobat kebun apri, sekian pembahasan mengenai cara pengembang-biakan tanaman durian kita kali ini ya, nantikan tulisan saya berikutnya ya, terimakasih telah berkunjung.


INFO TANI
Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Perbanyakan Tanaman Durian Secara Generatif"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Ads 768x90