Ads 768x90

Panduan Cara Mencangkok Tanaman Durian Yang Baik dan Benar

Panduan Cara Mencangkok Tanaman Durian Yang Baik dan Benar
cara mencangkok durian yang baik& benar, panduan  mencangkok durian yang baik& benar, langkah-langkah mencangkok dengan baik dan benar
source : google.co.id
Halo guys. Pada artikel saya sebelumnya telah kita bahas tuntas apa-apa saja syarat tumbuh tanaman durian dan juga metode perbanyakan durian dengan cara okulasi.  Kali ini kita masih membahas metode perbanyakan tanaman durian dengan cara mencangkok. Yuk langsung saja kita bahas detail dan lengkap dengan panduan cara mencangkok tanaman durian yang baik dan benar.  

Cangkok
Metode ini salah satu upaya untuk mendapatkan tanaman yang serupa dengan tanaman inangnya/induknya secara generatif dan morfologi. Selain ini mencangkok durian salah satu cara yang dilakukan agar tanaman berumur genjah/cepat menghasilkan buah. Berikut panduan cara mencangkok durian yang baik dan benar yang kamu harus ketahui. Siapkan Bahan dan Alat dulu ya guys.

Bahan dan alat yang diperlukan dalam mencangkok antara lain :
  • Pisau yang tajam, bersih bebas karat dan kuat agar steril
  • Media berupa pupuk kompos yan telah bercampur dengan tanah
  • Tali rafia untuk pengikat bagian pangkal dan ujung plastic penutup
  • Penutup cangkokan berupa plastic es, plastic gula atau lebih bagus lagi dengan sabut kelapa.


“Kenapa lebih bagus dengan sabut kelapa? Karena sabut kelapa memiliki sifat yang tidak menyerap panas dan tidak mudah melepas air, sehingga suhu pada bagian cangkokan tetap terjaga meskipun pada saat terik matahari. Mengapa menggunakan plastic bening ? Karena plastic bening memantulkan cahaya sehingga cahaya yang masuk tidak sampai merusak bagian okulasi”
  1. Batang durian paling tidak sudah berbuah 10 kali musim untuk memastikan varietas yang akan kamu cangkok. 10 kali musim berbuah adalah yang minimal. Dimana pada 10 kali berbuah sudah memiliki cabang yang banyak.  Batang durian yang dicangkok harus dipilih dari cabang tanaman yang sehat, subur, cukup usia, pernah berbuah, memiliki susunan percabangan yang rimbun, besar cabang tidak lebih besar daripada ibu jari (diameter=2–2,5 cm), kulit masih hijau kecoklatan. PENTING! Waktu mencangkok adalah awal musim hujan sehingga terhindar dari kekeringan, atau pada musim kering, tetapi harus disiram secara rutin (2 kali sehari), pagi dan sore hari
  2. Setelah cabang kamu pilih untuk diokulasi, maka kerat kulit batang secara melingkar
  3. Bersihkan Kambium pada batang dengan tissue atau kain bersih dengan lembut dan pastikan sudah benar-benar bersih dari lendir kambiun batang. Cara yang paling aman ialah dengan mongering-anginkan batang yang telah kamu kupas melingkar tadi guys.
  4. Ambil pupuk kandang dan tanah yang telah kamu siapkan tadi, perbandingan tanah dan pupuk kompos/kandangnya bisa kamu variasikan. Misalnya 2 : 1 dimana tanah 2 dan pupuk kompos 2. Dan balurkan di batang yang dikupas sampai benar-benar tertutup
  5. Ambil penutup yang telah kamu sediakan dan tutup lah dengan baik.
  6. Ikatkan bagian kedua ujung penutup yang kamu gunakan tadi agar tanah bisa tertahan. Atau bisa dengan cara melilitkan melingkar secara tersusun dimulai dari bagian ujung hingga ketemu ujung penutup (seperti gambar pertama diatas)
  7. Jangan lupa membuat lubang pada plastik secara random agar udara bisa masuk ke cangkokan/sirkulasi udara dibutuhkan untuk menstimulasi tumbuhnya akar pada bagian cangkokan.
  8. Biar mudeng, saya telah melampirkan gambar diatas , perhatikan dengan baik-baik ya sobat kebunapri
  9. Pertanyaan yang menarik, kapan bisa dipotong? Nah. Hasil cangkokan kamu akan terlihat apakah berhasil atau tidak setelah 1 sd 4 bulan dari waktu pencangkokan dilakukan.

Nah Selesai Guys J kita sudah selesai membahas bagaimana cara mencangkok durian yang baik& benar. Kamu bisa perhatikan gambar diatas dengan seksama untuk memastikan proses yang kamu lakukan sudah baik dan benar. Finally, semoga berhasil ya
featured INFO TANI
Buka Komentar
Tutup Komentar

2 Komentar untuk "Panduan Cara Mencangkok Tanaman Durian Yang Baik dan Benar "

  1. Pengen banget suatu saat bisa nanam karena buah durian kecukaan accu kamg

    BalasHapus
  2. Nanam ynag sudah di cangkok mbak Vik. Biar cepet berbuah dan bisa di tanam di pekarangan. Kalau belum bisa cangkok sendiri, bisa beli di depot bunga tuh, atau di nursery tanaman perkebunan.

    BalasHapus
Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Ads 768x90