Ads 768x90

Syarat Tumbuh Tanaman Durian | Rekomendasi

Syarat Tumbuh Tanaman Durian | Rekomendasi


Syarat Tumbuh Tanaman Durian Yang Bagus, Syarat Tumbuh Durian, Rekomendasi Syarat Tumbuh Durian,Halo Pekebun, Siapa yang tidak kenal durian? Yap. Durian menjadi buah favorit banyak orang karena wangi dan rasanya yang Yummy.. Yaa meskipun tidak semua orang suka buah durian, at least saya suka :D. Anyway guys kebanyakan kita hanya peduli pada buah duriannya saja loh, belum banyak yang mengetahui bagaimana cara menanam durian dan apa-apa saja syarat tumbuh tanaman durian ini agar mampu tumbuh dengan baik.  Nah..yuk simak artikel menarik ini dan menjadi refrensi buat kamu, khususnya kamu yang berprofesi sebagai pekebun. Lets go!

Tanaman durian paling menyukai tempat yang  subur,  bertanah  gembur  dan  tidak  bercadas..  Memerlukan  suhu  serta  kelembaban  yang tinggi  sehingga  akan  tumbuh  optimal  di dataran  rendah  dan  sedang  sampai ketinggian  800  m  dpl.   Cocok  di  daerah basah.  Di Indonesia, sebagian besar durian masih ditumbuhkan secara generatif dari benih,  meskipun  pada  perkebunan  skala  komersial  bibit  durian  yang  ditanam diperbanyak  dengan  sambung  pucuk  (grafting).  Di  Filipina,  perbanyakan  dengan benih  telah  diganti  dengan  penyambungan  sanding  (inarching) dan  penyambungan celah  (cleft  grafting). Panggabean,  G.  1975. Shinggan dapatt dikatakan

Jenis Rekomendasi Tanah
TSetelah kita membahas apa-apa saja syarat tumbuh tanaman durian, kita lanjut membahas rekomendasi jenis tanah yang baik untuk tanaman durian.  Tanaman durian tergolong tanaman yang kuat dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya. Faktanya bahwa banyak pohon durian tidak perlu dirawat dengan intens, namun bisa berbuah. Namun alangkah lebih baik melalukan tahapana perawatan demi mwujudkan produktivitas yang tinggi. Tanah yang cocok untuk Tanaman durian ialah Tanah Lempung berpasir dan subur. Karena itu tanah ini tidak cocok pada jenis tanah podsolit merah kuning (PMK) dan tanah liat berpasir. Kandungan kemasaman tanah pH yang cocok untuk tanaman durian berkisar antara 5,5 dan 7 pH, ada berbagai cara untuk mengukur kadar kemasaman tanah ini. Salah satu yang sederhana ialah dengan menggunakan kertas lakmus dengan buku indicator warna tanah. Topgrafi tanah yang cocok untuk tanaman dikehendaki landau atau berlembah tidak curam. Pun jika ada kemiringan tanah, bagusnya tidak melebihi 3 sd 40 derajat kemiringan lahan.

Iklim Rekomendasi untuk Budidaya Tanaman Durian
Curah Hujan yang bagus demi terciptanya kelangsungan siklus hidup tanaman durian yang baik beraada pada nilai maksimum 3000-3500 mm/tahun. Sedangkan curah hujan minimal berada pa berkisar 1500-3000 mm/tahun. Artinya tanaman durian butuh air (kelembaban tanah) yang baik.
Suhu yang baik untuk tanaman durian yaitu pada suhu rata-rata 20-30 0 C, sedangkan intensitas sinar matahari yang dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh tanaman durian berkisar 7-8 jam per hari.

Kultivar/Jenis-Jenis Tanaman Durian Beragam loh Guys.
Terdapat  banyak  kultivar  dan  klon  durian,  terutama  durian  jenis Durio  zibethinus  Murr.  atau  yang  biasa  disebut  “durian  budidaya”.  Reza  (2002) melaporkan  sebanyak  28  kultivar  durian  unggul  yang  ada  di  Indonesia.  Banyaknya kultivar  durian  tadi  menyebabkan  kesulitan  untuk  membedakannya,  disebabkan  oleh kurangnya  informasi  mengenai  ciri  kultivar  durian Perbanyakatan tanaman durian dapat dilakukan melalui cara generatif (dengan biji) atau vegetatif (okulasi, penyusuan atau cangkokan).

Tips : Pemeliharaan Bibit untuk budidaya Durian-Bibit di dalam polibag disiram  secara kontinu dua kali sehari, pada pagi hari dan sore harinya, terutama pada musim kemarau. Pemupukan bibit dengan jenis pupuk berupa NPK atau campuran Urea, TSP, dan KCl sebanyak 2-4 gram per bibit, tujuannya untuk menyuburkan pertumbuhan dilakukan tiap 1-3 bulan sekali.
Telah kita bahas Syarat Tumbuh Tanaman Durian 
INFO TANI
Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Syarat Tumbuh Tanaman Durian | Rekomendasi"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Ads 768x90